Selasa, 25 Agustus 2020

Dampak Penjajahan Bangsa Eropa Di Indonesia

Bidang Politik

        Intervensi Belanda terhadap wilayah-wilayah di nusantara semakin besar, sehingga mengakibatkan makin menyempitnya wilayah kekuasaan pribumi serta kewajiban membayar upeti atau hasil bumi dan menjadikan bangsawan pribumi sebagai alat pemerintah Belanda. Jabatan pemerintah pusat dipegang oleh bangsa Eropa sedangkan bangsa pribumi hanya dapat menempati jabatan kecil.

Bidang Hukum

             Penggunaan istilah-istilah hukum berbahasa Belanda masih dapat kita ketemukan dalam hukum Indonesia misalnya onslag untuk istilah lepas dari segala tuntutan hukum.


Mouse Pad Lucu Rp 32.300,-


Bidang Ekonomi

         Pemerintah kolonial telah menetapkan kebijakan sistem tanam paksa sewa tanah dan kerja kontrak. Dengan datangnya bangsa Eropa masyarakat Indonesia diperkenalkan pada mata uang di masa Rafflesmendorong munculnya perbankan modern di Hindia Belanda seperti De javasche Bank tahun 1828 (sekarang menjadi Bank Indonesia).

      Bangkitnya kehidupan perekonomian akibat pembangunan Jalan Raya Pos Anyer sampai Panarukan, serta jaringan kereta api sebagai sarana transportasi si A menghantarkan hasil perkebunan.

Bidang Sosial

          Pengaruh kolonialisme dalam bidang sosial dapat kita temui dalam bidang pendidikan an gaya hidup, agama  dan bahasa. Dalam sektor pendidikan berdirinya sekolah-sekolah menganut sistem pendidikan barat untuk kalangan bangsawan akibat dari politik etis. sendi kehidupan agama masyarakat Indonesia dikenalkan dengan agama katolik dan kristen protestan. 

        Hingga saat ini penggunaan kosakata Belanda atau Portugis ada yang diserap dalam bahasa Indonesia Seperti bahasa Belanda bekleding (bengkel) dan bahasa Portugis mentega (mentega)

Bidang Budaya

Dalam bidang arsitektur, terdapat gaya arsitektur indiche yakni bangunan dengan perpaduan budaya asli Indonesia dan kolonial Belanda. Masuknya kebudayaan Barat yang mengakibatkan berubahnya tatanan kehidupan masyarakat seperti cara bergaul gaya hidup cara berpakaian an menjadikan tradisi masyarakat mulai luntur yang mengakibatkan rusaknya nilai-nilai kehidupan tradisional. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUBUNGAN PERKEMBANGAN PAHAM-PAHAM BESAR; DEMOKRASI, LIBERALISME, SOSIALISME, NASIONALISME, PAN-ISLAMISME DENGAN GERAKAN NASIONALISME DI ASIA-AFRIKA

  PERKEMBANGAN PAHAM DEMOKRASI, LIBERALISME, SOSIALISME, NASIONALISME, DAN PAN ISLAMISME ·          Demokrasi Istilah “ demokrasi” beras...